Waterstop Dan Tiga Manfaat Penggunannya

05 2021
Oct

Waterstop adalah salah satu material bangunan yang menjadi bahan penting saat pembangunan. Sebagai contoh, jika Anda membangun sebuah gedung tinggi, hunian, atau tempat yang menggunakan beton, material ini sangat dibutuhkan.

Salah satu fungsi waterstop sendiri adalah untuk pencegahan merembesnya air pada bangunan. Merujuk pada kata water, yang artinya air, memiliki sifat mengikuti bentuk wadahnya.

Sehingga ketika pembangunan, adanya air yang muncul bisa saja menjadi salah satu hambatan saat pembangunan. Air sendiri bisa masuk pada celah atau lubang yang sangat kecil. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya bahaya ketika pembangunan.

Mengapa menjadi bahaya? Kerangka besi untuk konstruksi bangunan berfungsi untuk pengisian beton di dalamnya. Tentu saja beton menjadi pondasi utama pada struktur sebuah bangunan.

Saat pemasangan beton pada kerangka besi mengalami rembesan air, dikhawatirkan besi bangunan tersebut akan mengalami korosi atau pengaratan pada besi. Sehingga pondasi sebuah bangunan tidak bisa bertahan lama atau rusak.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan saat pemasangan beton pada kerangka besi, waterstop bisa menjadi solusi agar bangunan terhindar dari kebocoran air rembesan. Nah, berikut adalah manfaat untuk penggunannya yang perlu Anda ketahui.

Lima Manfaat Waterstop

Setiap barang memiliki manfaat atau kegunaannya. Tidak hanya itu, barang juga bisa membantu kita untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari.

Kali ini, dalam pemasangan waterstop pada sebuah konstruksi bangunan, kegunaan dan manfaat perlu Anda perhatikan. Di bawah ini adalah tiga manfaat atau kegunaan yang bisa Anda baca dan pahami.

Bacaan di bawah ini tentunya bisa menjadi referensi jika Anda akan membangun sebuah bangunan. Jangan sampai melewatkan material bahan bangunan agar bangunan tetap kokoh dan berfungsi.

1. Terhindar dari Rembesan Air

Seperti penjelasan sebelumnya, air bisa saja masuk pada sebuah tempat atau barang dimana pun dan kapan pun. Terlebih lagi pada sebuah konstruksi bangunan.

Pencegahan terjadinya air masuk diantara kerangka besi dan beton harus dilakukan. Nah, pastikan Anda memiliki material ini untuk konstruksi bangunan. Selain mencegah rembesan air yang masuk, pemilihan material juga menjadi tujuan penting.

Maksudnya, Anda bisa memilih bahan material waterstop untuk konstruksi bangunan. Bahan yang bisa Anda pilih adalah jenis PVC atau swellable.

Jenis waterstop PVC ini memiliki bahan yang bersifat lentur. Pemasangannya juga bisa Anda temukan pada konstruksi bendungan atau waduk, terowongan yang memungkinkan memiliki banyak genangan air, dan lainnya.

Sedikit berbeda dengan PVC, swellable memiliki bahan dasar campuran antara butyl rubber compund dan bentonite. Kelebihannya adalah jenis ini bisa memuai saat bertemu dengan air hingga kapasitas 300%.

Untuk harga waterstop tergantung dari jenis bahan dan toko. Setiap toko memiliki range harga yang beda dan Anda hanya perlu menyesuaikan dengan jumlah uang yang ada.

2. Terhindar dari Runtuhnya Beton (Penahanan)

Jika air tidak masuk dalam konstruksi antara beton dan kerang besi, maka terjadinya pengaratan besi akibat air tidak akan terjadi. Dalam kasus ini, perlu pencegahan untuk menanggulangi masalah tersebut.

Pemilihan untuk pemasangan waterstop juga menjadi salah satu solusi. Air akan sulit masuk ke dalam konstruksi pada celah beton dan kerangka besi.

Sehingga, bangunan akan tetap kokoh dan penahan pada beton juga stabil. Tidak akan terjadi permasalahan seperti runtuhnya beton pada sebuah bangunan.

3.  Terhindar dari Menyusutnya Beton

Waterstop juga bisa melindungi sebuah konstruksi agar tidak terjadi penyusutan beton. Jika air yang masuk pada konstruksi kerangka beton terlalu banyak, hal ini bisa menyebabkan penyusutan pada beton.

Oleh sebab itu, pemasangan waterstop sangatlah penting terlebih lagi jika konstruksi menyangkut aliran air atau tempat yang sering bertemu dengan air.

Nah, di atas merupakan manfaat yang bisa Anda jadikan salah satu referensi untuk pembangunan konstruksi. Namun perlu Anda perhatikan bahwa pemasangan yang tidak wajar sangat tidak disarankan.

Anda perlu berdiskusi dengan tenaga ahli terkait agar tau kuantitas pemasangan yang sesuai. Selain itu, Anda juga bisa melihat referensi produk waterstop di CV. Lightgroup Indonesia melalui website http://www.lightgroupindonesia.com/.

Banyak pilihan bahan material bangunan termasuk waterstop dan sejenisnya.