Tandon Tangki Toren Air Untuk Solusi Darurat saat Kemarau Panjang

05 2021
Oct

Tandon air atau toren adalah tempat sebagai penyimpanan cadangan air. Biasanya, Anda dapat menemukannya di salah satu tempat umum. Contohnya seperti sekolah, cafe atau masjid.

Selain itu, toren juga bisa Anda pasang untuk di rumah sendiri. Mengapa perlu memansang tandon air? Jawabannya adalah untuk persediaan jika aliran air utama di rumah mati mendadak. Terlebih lagi jika sudah memasuki musim kemarau.

Musim yang tidak menentu mempengaruhi cuaca saat ini. Prediksi tentang musim hujan dan kemarau juga tidak bisa dipastikan.

Oleh karena itu, Anda harus memahami tentang manfaat pemasangan tandon. Di bawah ini adalah empat manfaat tandon air yang perlu Anda ketahui.

4 Manfaat Tandon Air

Manfaat tangki atau tandon air sangat bervariasi. Salah satunya sebagai cadangan air. Untuk penjelasan selengkapnya bisa Anda baca pada informasi berikut.

1. Cadangan Air

Tandon adalah salah satu tempat untuk menampung cadangan air. Tidak hanya untuk fasilitas umum, Anda bisa memasang tandon di rumah. Manfaatnya agar Anda tetap memiliki air saat aliran air utama tidak ada.

Terlebih lagi saat musim kemarau tiba. Aliran utama air biasanya akan sering mati karena digilir pada satu tempat ke lainnya.

Nah, Anda tetap bisa menggunakan air seperti biasa dengan pemasangan tandon atau tangki air. Sehingga saat menghadapi berbagai musim, Anda masih memiliki cadangan air.

2. Lebih Hemat

Sebagian orang yang bermukim di perkotaan menggunakan mata air bersumber daerah atau sumur. Dua mata air tersebut tentunya menggunakan tenaga listrik untuk mengalirkan air pada setiap rumah.

Jika Anda menggunakansumber air sumur, memompa air membutuhkan bantuan dari PAM (Pompa Air Minum). Air sumur akan dipompa menggunakan alat bantu bertenaga listrik. Jika setiap hari Anda menggunakan secara menerus, makan tagihan listrik akan membengkak.

Selain itu, penggunaan yang dilakukan secara terus-menerus bisa membuat PAM rusak. Mesin akan cepat panas dan macet. Sehingga Anda tidak bisa memompa air untuk di rumah.

Nah, untuk tetap menjaga kestabilan keuangan Anda, gunakanlah tandon air sebagai penghematan. Anda bisa menggunakan mata air dan tandon secara bergantian.

PAM tidak akan mudah rusak dan tagihan listrik juga tetap stabil.

3. Lebih Praktis

Selain untuk penghematan, Anda bisa menggunakan tandon agar lebih praktis. Salah satu contoh yaitu saat Anda membangun tempat yang jauh dari mata air. Akan jauh lebih praktis jika Anda memasang tandon.

Terutama jika Anda bermukim di pedesaan dan menggunakan air hujan dan sungai untuk mata air. Pemukiman yang jauh dari mata air akan sulit untuk mendapatkan aliran air.

Oleh sebab itu, pemasangan tandon air sangat berguna dan bermanfaat. Anda tidak perlu khawatir untuk persediaan air.

4. Lebih Efisien

Selain untuk cadangan air dan menghemat tagihan listrik, ukuran tandon air juga bervariasi. Anda bisa memilih ukuran yang sesuai agar memuat banyak cadangan air.

Pemilihan ukuran yang sesuai dan pemasangan cepat akan menghemat waktu Anda. Selain lebih efisien, Anda bisa mengontrol jumlah air yang berada di dalam tandon.

Sehingga, jika sewaktu-waktu isi air tandon telah berkurang banyak, Anda bisa melakukan pengisisan. Tidak akan ada lagi permasalahan air habis saat musim kemarau panjang.

Cara Memilih Kualitas Tandon Air

Sebelum melakukan pemasangan tandon air, perlu bagi Anda untuk memilih kualitas yang bagus.baik dari segi material bahkan ukuran.

Tandon sendiri memiliki tiga jenis material yang berbeda, yaitu plastik, fiberglass, dan stainless. Pilihan material juga mempengaruhi pemakian. Plastik adalah bahan bagus untuk pemakaian jangka panjang.

Namun, jika Anda memilih untuk tampilan yang lebih bagus, stainless dan fiberglass bisa menjadi opsi lainnya. Sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan yang Anda miliki.

Selain itu, ukuran tandon yang bervariasi juga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika pengguna air di rumah atau tempat terkait cukup banyak, pilihlah tandon yang bisa digunakan untuk orang banyak

Jual Tangki Tandon Toren Air

CV. Lightgroup Indonesia menyediakan berbagai macam variasi tangki atau tandon air sebagai pilihan. Berbagai macam ukuran tandon air juga tersedia dan dapat Anda lihat dengan mengunjungi laman http://www.lightgroupindonesia.com/