7 Keunggulan Conwood Material motif pengganti kayu

05 2021
Oct

Salah satu material bahan bangunan yang saat ini banyak masyarakat sukai adalah Conwood. Material yang satu ini seringkali kita sebut sebagai bahan pengganti kayu. Selain itu, jenis material ini memiliki jenis yang sangat bervariasi tergantung kegunaan dan fungsi Conwood itu sendiri.

Kayu seringkali masyarakat pilih untuk menjadi bahan utama dalam membuat rumah. Karena dapat menunjang nilai estetik seperti terlihat cantik, asri dan natural. Namun, ada dua hal yang membuat kayu seringkali perlu dipertimbangkan kembali untuk menjadi material bangunan.  Yaitu kayu cenderung cepat rapuh dan mudah dimakan rayap.

Oleh karena itu, kegunaan material pengganti kayu seperti Conwood menjadi material yang banyak masyarakat sukai dan gunakan saat ini. Sebagian besar orang seringkali tertipu dengan bahan baku Conwood yang tidak mengandung kayu namun memiliki tampilan yang sangat menyerupai kayu asli.

Bahan baku pembuatan Conwood adalah campuran dari selulosa dengan fiber semen. Oleh karena itu, material jenis ini sangat ramah lingkungan. Selain itu, material memiliki kekuatan yang sangat kokoh seperti bahan material beton.

7 Keunggulan Material Conwood

Anda bisa mempertimbangkan material ini untuk membangun gedung atau rumah dengan aksen kayu. Berikut ini beberapa keunggulan yang membuat Conwood menjadi material premium.

1. Tampilan yang Sangat Menyerupai Kayu Asli

Material ini memiliki visual yang sangat menyerupai kayu asli pada umumnya. Bahkan, sebagian besar orang mengira Conwood adalah kayu dari jenis pohon atau tumbuhan tertentu. Dengan corak dan tekstur yang material ini miliki, sulit membedakannya dengan kayu asli bila Anda lihat secara kasat mata.

2. Harga yang Sangat Terjangkau

Poin penting yang seringkali Anda utamakan saat membeli sesuatu adalah harga suatu barang. Harga Conwood sangatlah terjangkau dan jauh lebih murah jika Anda bandingkan dengan harga kayu solid yang bagus. Oleh karena itu, banyak yang beralih menggunakan Conwood material dengan alasan harga terjangkau untuk bahan berkualitas tinggi.

3. Awet dan Tahan Lama

Material pengganti kayu yang satu ini bisa tahan dari serangan rayap, lapuk dan ditumbuhi jamur. Berbeda sekali dengan material berupa kayu asli, yang lebih rentan terhadap beberapa hal seperti jamur, rayap dan mudah lapuk. Jadi, penggunaan Conwood lebih awet dan tahan lama.

4. Tidak Terpengaruh Perubahan Cuaca

Material ini tidak mengalami perubahan apapun saat terjadi perubahan cuaca ataupun saat cuaca ekstrem. Selain itu, material ini juga dapat bertahan lama dan tidak mengalami pelapukan walaupun berada di tempat yang lembab. Berbeda dengan kayu asli yang memuai dan menyusut saat terjadi perubahan cuaca.

5. Tidak Mudah Terbakar

Tampilan yang sangat menyerupai kayu tidak lantas membuat Conwood material memiliki sifat bahan yang sama. Salah satunya adalah material ini merupakan bahan yang tidak mudah terbakar. Sehingga cocok sekali Anda gunakan sebagai penghias dinding dapur ataupun di tempat-tempat lain.

6. Barang Ramah Lingkungan

Material ini terbuat dari bahan selulosa dan fiber semen yang terbuat dari komposisi dan juga proses yang ramah lingkungan. Selain itu, material jenis ini juga aman untuk kesehatan keluarga Anda karena sudah terjamin bebas dari kandungan asbes 100%.

7. Pengerjaan atau Instalasi Mudah

Semakin sulit pengerjaan suatu barang ataupun membutuhkan barang lain untuk melakukan proses instalasi, maka biaya jasa untuk tukangnya pun akan semakin mahal. Atau jika Anda melakukan pemasangan secara mandiri, akan membutuhkan waktu dan pengerjaan yang lebih lama jika barang yang Anda pilih termasuk barang dengan pengerjaan yang sulit.

Conwood merupakan salah satu material dengan jenis pengerjaan yang mudah. Pengerjaanya kurang lebih sama seperti kayu solid yang mudah dalam pengaplikasian dan pemasangannya. Material ini juga mudah ditempelkan dengan menggunakan paku, bor, dan sekrup. Selain itu Anda juga bisa menggunakan gergaji jika diperlukan.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat memindahkan material ini karena memiliki bobot yang lumayan berat. Selain itu juga material jenis ini rawan terhadap benturan dan tergores barang tajam lainnya.

 

Bagaimana, apakah Anda mulai tertarik untuk memiliki material ini? Anda bisa menemukan barang yang asli dengan jenis yang lengkap pada salah satu website perusahaan CV. Lightgroup Indonesia di https://lightgroupindonesia.com/. Demikian ulasan singkat mengenai Conwood, semoga bermanfaat.