CARA PERAWATAN PIPA HDPE

08 2017
Des

Meski pipa HDPE mempunyai ketahanan yang lama, di dalam hal perwatan jenis saluran HDPE pun tak lepas dari perlakuan spesial yang mendalam. Selain memelihara saluranbertindak, perawatan yang baik dengan memperpanjang umur penggunaan saluran. Untuk itu, dalam hal perawatan Pipa HDPE, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan. Berikut diantaranya :

  1. Persiapan dan maping yang baik dan benar. Sepertihalnya pipa yang lain, jenis pipa berbahan dasar plastik berdensitas tinggi ini memiliki karakter ukuran. Yang artinya setiap karakter memiliki batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Oleh karena itu, untuk menggunakan pipa agar memiliki usia yang maksimal, peraturan diatas mutlak harus dilakukan.
  2. Dalam hal ini pipa harus dipasang dengan benar, berikut fitting yang digunakan. Seperti misalnya, pipa yang digunakan dari jenis PN 10, cocok untuk jenis fitting dengan PN yang sama (10). Sementara untuk yang digunakan harus juga disesuaikan dengan tekanan. Seperti PN 10 untuk tekanan 10 bar, PN12.5 untuk tekanan yang sama dan sebagainya.
  3. Jauhkan pipa dari besi. Benda seperti besi baik besar atau kecil yang menempel di pipi sering berdampak kurang baik pada usia penggunaan pipa. Dalam hal ini bekas karat yang ditinggalkan dapat merusak permukaan atas pipa.
  4. Hindarkan dari benda runcing atau pipa tertindih material berat. Beberapa material yang lancip sering berdampak buruk pada usia penggunaan pipa. Dalam hal ini, perhatikan material yang dapat membahayakan saat melakukan instalasi pipa.

 

Penggunaan material yang benar, dengan perawatan pipa yang optimal akan membuat saluran pipa HDPE Anda dapat berusia maksimal. Jadi, saat melakukan hal ini, hindarkan beberapa gangguan kecil yang mungkin akan berdampak besar kedepannya.