Jenis Dan Tipe Baja Konstruksi Yang Sering Digunakan Dalam Pembangunan

15 2016
Jun

    Baja kian banyak digunakan sebagai struktur utama bangunan dan jembatan-jembatan.Bahkan baja juga bisa digunakan sebagai material pembangunan untuk rumah.Sistem Konstruksi Baja WF merupakan material yang memiliki sifat struktural yang sangat baik sehingga pada akhir tahun 1900, mulai menggunakan Baja WF sebagai bahan struktural (Konstruksi), saat itu metode pengolahan Baja WF yang murah dikembangkan dalam skala besar. Sifat Baja WF memiliki kekuatan tinggi dan kuat pada kekuatan tarik mauoun tekan dan oleh karena itu Baja WF menjadi elemen struktur yang memiliki batas yang sempurna akan menahan jenis beban tarik aksial, tekan aksial, dan lentur dengan fasilitas serupa dalam pembangunan strukturnya. Kepadatan tinggi Baja WF , tetapi rasio berat antara kekuatan komponen Baja WF juga tinggi sehingga tidak terlalu berat dalam kaitannya dengan kapasitas muat beban, memastikan selama bentuk struktur (konstruksi) yang digunakan yang bahan yang digunakan secara efisien.

 Jenis struktur baja yang sering kali diterapkan sebagai struktur bangunan terdiri dari beberapa macam.

Apa sajakah itu?

1. Tipe Rangka (Frame Structure)
Tipe rangka terdiri dari beberapa batang baja yang saling memperkuat satu sama lain. Batang baja tersebut antara lain batang tarik, batang belok, dan batang yang mendapat kombinasi beban lentur dengan beban aksial. Banyak konstruksi bangunan yang menggunakan struktur tipe rangka ini. Contoh bangunan yang menggunakan tipe rangka adalah jembatan, struktur atap, pergudangan, bangunan pabrik, BTS operator seluler, tower transmisi listrik, dan lain-lain. Salah satu bangunan terkenal yang menggunakan struktur baja tipe rangka adalah Menara Eiffel di Paris, Perancis.

2. Tipe Cangkang (Shell-Type Structure)
Pada tipe cangkang ini, tegangan utamanya berupa tarikan. Selain untuk melayani fungsi bangunan, struktur tipe cangkang atau kubahnya juga bertindak untuk menahan beban. Biasanya penggunaan struktur tipe cangkang dikombinasikan dengan struktur tipe rangka. Untuk melihat benda yang kerjanya seperti tipe cangkang ini dapat kita lihat tangki air atau bejana. Sedangkan penerapan bangunan yang menggunakan tipe cangkang adalah bangunan yang membutuhkan kubah di bagian atasnya seperti gelora atau stadion. Contonya adalah Sapporo Dome yang menggunakan struktur tipe cangkang di bagian atapnya.

3. Tipe Suspensi (Suspension Type Structure)
Elemen utama pada struktur baja tipe suspensi adalah keberadaan kabel tarik. Elemen tarik ini terbukti paling efisien untuk menahan beban sehingga bangunan dengan struktur tipe suspensi ini semakin banyak digunakan. Salah satu contoh pemanfaatan tipe suspensi ini adalah pada penggunaan kabel baja pada jembatan.

    Sistem konstruksi baja memiliki beberapa keunggulan dibandingkan struktur beton bangunan,

termasuk:
• sistem konstruksi baja memiliki berbagai jenis estetika dan terlihat modern
Dimensi • sistem konstruksi baja lebih kecil dari sistem konstruksi beton
• Bekerja dengan struktur baja tidak memerlukan perancah sebagai struktur beton, kecuali untuk beton

kerja / minor tambahan
• sistem konstruksi baja dapat dibuat dengan relatif lebih cepat
Baja tersedia dalam berbagai bentuk cross-sectional sering dikenal sebagai profil. Berdasarkan cara pembentukan penampang profil baja, yang dikenal sebagai dua jenis baja, yaitu canai panas dan dingin digulung item. Ketik dibentuk bagian linting panas (digulung) dalam kondisi hangat, sementara dingin bagian digulung jenis baja yang dibentuk dalam kondisi dingin. Contoh profil baja untuk setiap jenis baja:

    Bangunan yang terbuat dari daya tahan konstruksi baja dan biasanya memiliki kekuatan yang cukup besar. Biasanya dalam menciptakan desain menggunakan baja mengacu pada American Institute of Steel Construction (AISC) sebagai filosofi produksi dan didasarkan pada ambang batas (negara terbatas). Desain konstruksi harus mampu keunggulan dalam hal perubahan prinsip struktur-fungsi yang disebabkan oleh penyederhanaan berlebihan dalam analisis struktur dan variasi dalam prosedur konstruksi.
Insinyur sipil, konstruksi baja yang dirancang untuk menjamin keamanan kemungkinan bahwa sedang berlangsung berlebihan (berlebihan) bangunan dalam jangka panjang dapat membahayakan diasuransikan. Selain itu, juga harus diperhitungkan kemungkinan resistensi atau kekuatan yang lebih rendah perhitungan Iran di atas kertas (understrenght). Secara umum, masalah yang salah “Itu terjadi pada batang, atau membuat konstruksi itu sendiri.


Kesalahan dalam perhitungan konstruksi baja, pembangun atau orang-orang yang membangun rumahdan bangunan dari volume material dihitung struktur, terutama komponen penting yang membuatnya sebagai kolom, balok, purlins, bahan pelat, batang dasi, angina hipotek (bracing ) untuk menghindari jarum keras (gilirannya gesper), baut, rangka besi datar dan sudut talang. Sementara komponen lain di luar makanan pokok adalah balok dasi / sloof dan diperkuat pelat lantai beton.


Untuk kolom biasanya menggunakan baja lebar tepi bahan (WF). Ini adalah profil shalat pagar baja struktural yang banyak digunakan dalam semua konstruksi baja. Sebagian besar pengguna kadang- kadang bingung karena profil jenis ini memiliki beberapa variasi nama, misalnya, sering disebut profil H, HWF, H-beam, IWF atau I. Beberapa tempat bahkan disebut WH, SH dan MH. Sama dengan kolom, balok baja juga menggunakan WF. Sementara sabuk cenderung menjadi jenis baja yang digunakan bahan CNP atau yang biasa disebut sebagai balok purlin, saluran, C, C-channel, sabuk profil C. Selain itu, CNP baja cradle juga digunakan untuk menutupi balok atap, bingkai komponen arsitektur, dan untuk melanjutkan ke dinding sebagai lembaran logam penutup.

    Komponen utama dari atas kemudian dihitung sesuai dengan volume gambar konstruksi baja yang direncanakan kesalahan ketertiban dan kegagalan seperti membungkuk, kelelahan, retak dan geser, defleksi, getaran, untuk menghindari deformasi permanen dan patah. Oleh karena itu, beban dan beban perlawanan prinsip variabel diperhitungkan. Bahkan, agak sulit untuk memiliki analisis yang komprehensif dari prinsip hal prinsip prinsip pasti Iran dapat mempengaruhi pencapaian perbatasan negara. Perhitungan kasar tersebut dapat digunakan untuk mencegah referensi umum untuk kegagalan konstruksi.

Sebagai bahan bangunan, manfaat baja dalam hal bentuk dan struktur yang solid. Kedua nilai ini membantu para ahli sipil untuk memprediksi lebih dewasa lanjut dalam pembangunan baja dengan presisi tinggi dan akurasi. Selain itu, baja memiliki keuletan yang tinggi, dalam arti bahwa meskipun tarik dan tegangan tinggi tidak memar atau patah bahan langsung.
Bandingkan dengan kayu. Kelebihan yang dapat mencegah runtuhnya tiba-tiba bangunan. Ini adalah salah satu aspek keselamatan sholat (keamanan) baja yang dimiliki dibandingkan bahan lainnya. Dalam hal terjadi gempa besar, konstruksi baja akan tetap stabil dan tidak jatuh sekaligus. Tidak satu untuk daerah gempa, penggunaan baja sebagai bahan konstruksi untuk pembangunan perumahan sangat dianjurkan.

Light Group Indonesia melayani penjualan dan penerjaan Konstruksi Baja di wilayah Yogyakarta, ( meliputi Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo, Wonosari ), Solo, Jawa Tengah ( meliputi Banjarnegara, Purwokerto, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Purwodadi, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Mungkid, Pati, Kajen, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Ungaran, Sragen, Sukoharjo, Slawi, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal ).

Info Lebih lanjut hubungi:
Telfon/ WhatApp : 081325157177 / 081804135008 / 088802725212.
Email : lightgroup.id@gmail.com
Alamat : JL. KH. Muhdi Gg Komajaya 53, Dewan, Maguwoharjo, Sleman.