Cara Pemasangan scaffolding

27 2016
Mei

Scaffolding merupakan bagian pipa yang terpisah pisah dan perangkaiannya menggunakan klem klem dari besi ,

pada dasarnya penyetelan perancah sangat sederhana dan mudah namun yang menjadi permasalahan adalah apabila ketinggian bekisting yang akan kita pasang tidak sesuai dengan ketinggian scaffolding yang ada. Oleh sebab itu sangat perlu data teknis atau gambar dari pekerjaan bekisting agar dapat merencanakan pemasangan perancah.
Di bawah ini akan menjelaskan dengan singkat bagaimana cara penyetelan perancah dan cara penyambungannya. Cara penyetelan perancah scaffolding adalah sebagai berikut:
  1. Menentukan letak dari scaffolding atau mengatur jarak scaffolding misalnya as balok pada pekerjaan bekisting balok.
  2. Memasang base plat atau jack base di atas landasan yang stabil.
  3. Menyetel kerangka (frame).
  4. Dilanjutkan dengan memasang cross brace pada dua sisi agar elemen perancah dapat berdiri dengan baik.
  5. Selanjutnya menyusun frame vertikal berikutnya, atau selesai dengan pemasangan shoring head jika ketinggian perancah dianggap cukup, artinya ketinggian dapat dilakukan dengan mengatur jack dan u-head.
  6. Kemudian ketinggian perancah diatur sesuai dengan ketinggian bekisting yang telah direncanakan.
 

     Untuk pipa beban ringan,bahan dari pipa baja dengan pipa pengaman berdiameter luar 5cm (2 inci). Pemasangannya dengan jarak tidak boleh lebih dari 1.8 meter ( 6 feet / kaki) pada bentangan tidak lebih dari 3 meter ( 10 feet / kaki)

     Untuk pipa beban menengah, bahan dari pipa baja dengan pipa pengaman berdiameter luar 6cm (2,5 inci). Pemasangannya dengan jarak tidak boleh lebih dari 3 meter (10 feet /kaki)

     Untuk pipa beban menengah, bahan dari pipa baja dengan pengaman berdiameter luar 5cm (2 inci). Pemasangannya dengan jarak tidak boleh lebih dari 1.5 meter ( 5 feet / kaki pada bentangan tidak lebih dari 3 meter (10 feet / kaki).

     Untuk pipa beban berat, bahan dari pipa baja dengan pipa pengaman berdiameter 6cm (2,5 inci). Pemasangannya dengan jarak tidak boleh lebih dari 2 meter ( 6 feet / kaki ) pada bentangan tidak lebih dari 3 meter ( 10 feet/ kaki)•Ketinggian scaffolding bervariasi dan kekuatannya harus 4 kali beban maksimum yang akan dipikulnya.

Light Group melayani Penyewaan Scaffolding diWilayah Yogyakarta (Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo).

informasi lengkap hubungi: 

LIGHTGROUP INDONESIA
Jl KH Muhdi Gg Komajaya 53, Dewan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Email: lightgroup.id@gmail.com
Telp / Whatshapp: 088802725212 - 081804135008 / 081325157177                                                  

Kunjungi Website kami :www.lightgroupindonesia.com