Cara memasang genteng metal

04 2016
Jun

    Genteng metal adalah genteng yang terbuat dari bahan metal Zincalume yang ringan namunkuat dan tidak membebani konstruksi bangunan. Sebagaimana atap dari bahan lain, Genteng Metal inidigunakan untuk mengatapi rumah atau bangunan Kealebihan dari Atap logam dibanding genting beton dan bahan atap lainnya adalah sangatringan, beratnya hanya 1/10 dari genting beton. Atap logam ini sangat cocok digunakan di daerah rawangempa atau yang memiliki tanah gambut (Kalimantan, Sumatera).

Kerangka atap apa saja bisa dikombinasikan dengan jenis ini genteng ini.
Ringan, sehingga pemasangannya mudah dan menghemat waktu.
Ekonomis, dari sisi harga lebih murah dibandingkan dengan genteng beton

1. Pembuatan Kuda-Kuda
    Volume dihitung dengan satuan meter kubik. Yaitu total panjang bahan yang digunakan dikalikan dengan dimensi kayu yang dipakai. Contoh : panjang total bahan yang digunakan untuk kuda-kuda adalah 25 meter kayu yang digunakan 8/12 maka volume adalah 25 x 0.08 x 0.12 = 0.24 meter kubik.

2. Pembuatan Gording
    Yang dimaksud dengan pembuatan gording adalah pembuatan sambungan antara gording, satuannya tetap menggunakan meter kubik, cara mencari volume sama dengan cara mencari volume pada perhitungan kuda-kuda.

3. Pembuatan Jurai
    Sama dengan pembuatan gording

4. Pembuatan Balok Nok
    Sama dengan pembuatan gording dan jurai. Dimensi kayu biasanya sama hanya letaknya saja yang berbeda.

5. Pasang Kuda-Kuda
    Pemasangan ini tidak membutuhkan waktu yang lama karena kuda-kuda hanya tinggal dimasukkan ke tempatnya. Material yang perlu ditambahkan juga dikatakan hampir tidak ada karena kuda-kuda dipasang setelah dibuat.

6. Pasang Papan Suri
    Yang dimaksud dengan papan suri adalah papan yang letaknya diatas balok nok yang berfungsi untuk menahan kerpus.

7. Pasang Usuk
    Usuk biasanya menggunakan kayu ukuran 4/6 atau 5/7, yang sering digunakan adalah kayu ukuran 5/7 untuk atap yang menggunakan asbes atau seng tidak memakai usuk, cukup dengan gording.

8. Pasang Alumunium Foil
    Pemasangan alumunium foil dimaksudkan untuk mengurangi panas dan mencegah tampias saat terjadi hujan yang disertai dengan angin. Bahan yang digunakan tidak mutlak alumunium foil dan dapat diganti dengan seng plate dan karpet. Letak alumunium foil adalah diantara rusuk dan reng.

9. Pasang Reng
    Reng ukuran yang digunakan ada dua macam yaitu 2/3 atau 3/4 tergantung jenis genteng yang dipakai, untuk genteng keramik bisa menggunakan ukuran 2/3, perhitungan reng adalah sama dengan menghitung usuk yaitu dengan satuan meter persegi.

10. Pasang Genteng
    Genteng sendiri ada beberapa jenis seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Akan tetapi umumnya genteng beton dan genteng keramik adalah genteng yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Perhitungan luas dengan satuan meter persegi biasanya sama dengan luas reng maupun rusuk.

11. Pasang Talang
    Talang ada beberapa jenis bahan yang digunakan, talang seng, talang PVC, talang beton, untuk setiap jenis bahan cara perhitungan volume berbeda-beda, untuk talang yang terbuat dari seng volumenya adalah luas dengan satuan meter persegi. Talang yang terbuat dari PVC volumenya menggunakan satuan meter, sedangkan untuk talang beton dapat dihitung dengan menggunakan satuan meter persegi atau meter kubik.

12. Plank List
    Plank ada beberapa jenis bahan yang digunakan yaitu bahan dari kayu, beton, PVC, fiber dan lain-lain. Tetapi saat ini list plank yang sering digunakan adalah terbuat dari kayu dan beton.

Light Group Indonesia melayani penjualan dan pemasangan Genteng Metal di wilayah Yogyakarta, (meliputi Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo, Wonosari ), Solo, Jawa Tengah (meliputi Banjarnegara, Purwokerto, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Purwodadi,Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Mungkid, Pati, Kajen, Pemalang, Purbalingga,Purworejo, Rembang, Ungaran, Sragen, Sukoharjo, Slawi, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Magelang,Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal ).

Info Lebih lanjut hubungi:
Telfon/ WhatApp : 081325157177 / 081804135008 / 088802725212.
Email : lightgroup.id@gmail.com
Alamat : JL. KH. Muhdi Gg Komajaya 53, Dewan, Maguwoharjo, Sleman.