BAHAN PENGIKAT PONDASI MINIPILE

01 2016
Des

Terdapat beberapa jenis bahan pondasi tiang pancang minipile, yaitu pondasi tiang pandang kayu, pondasi tiang pancang beton, pondasi tiang pancang baja, Pondasi tiang pancang komposit.

1.   Pondasi Tiang Pancang Kayu

Di negara kita biasanya dipergunakan pada rumah – rumah panggung, terutama wilayah yang sering menggunakannya adalah di daerah Kalimantan, Sumatera, Nusa Tenggara, dan pada rumah – rumah nelayan dipinggir pantai.

Saat pengaplikasiannya, tiang dengan jenis ini biasanya dipasang dengan cara dipukul – pukul ke dalam tanah dengan tangan, atau lubang digali, kemudian diisi dengan batu dan pasir, bersama dengan pondasi yang ditancapkan kedalam lubang tersebut

2.   Pondasi Tiang Pancang Beton

a.   Precast Reinforced Concrete Pile

Adalah tiang pancang dari beton bertulang yang dicetak dan dicor dalam acuan beton ( bekisting), lalu setelah cukup kuat, beton diangkat dan ditancapkan. Biasanya proses pengerjaan / percetakannya dan dipengecorannya, dilakukan di tempat pekerjaan berlangsung / di proyek.

b.   Precast Prestressed Concrete Pile

Adalah tiang pancang dari beton prategang yang menggunakan baja penguat dan kabel kawat sebagai daya prategngnya.

c.   Cast In Place Pile

Adalah pondasi yang dicetak ditempat, dengan cara, dibuatkan lubang terlebih dahulu dalam tanah dengan melakukan pengeboran tanah. Bisa dengan pipa baja yang ditancapkan kedalam tanah, lalu diisi beton dan ditumbuk sambil pipa tersebut ditarik keatas, atau dengan pipa baja yang ditancapkan ke dalam tanah, lalu diisi dengan beton dan pipa tersebut tetap tinggal didalam tanah.

3.   Pondasi Tiang Pancang Baja

Pondasi tiang pancang baja pada umumnya adalah tiang pancang baja struktur harus berupa profil baja gilas biasa, tetapi tiang pancang pipa dan kotak juga bisa dipergunakan, dan akan diisi dengan beton, mutu beton tersebut minimum harus K250.

4.   Pondasi Tiang Pancang Komposit

Adalah tiang pancang yang terdiri dari dua bahan yang berbeda yang bekerja bersama – sama. Sehingga merupakan satu tiang.

Hambatan utama yang dihadapi saat dalam melakukan desain pondasi adalah kurangnya informasi mengenai struktur geografis lahan proyek, baik dipermukaan tanah, atau di kedalaman tanah.

Kekurangan  dari Pondasi Minipile

-      Untuk daerah masuk gang kecil, sulit dikerjakan karena faktor angkutan

-      Untuk daerah  dan penggunaannya bervolume sedikit, harganya jauh lebih mahal

-      Proses pemancangan menimbulkan getaran dan kebisingan

Keuntungan dari Pondasi Minipile

-      Karena dibuat dengan sistem pabrikasi, maka mutu beton terjamin ( selain Pondasi Kayu )

-      Bisa mencapai daya dukung tanah yang paling keras

-      Daya dukung tidak hanya dari ujung tiang, tetapi juga lekatan pada sekeliling tiang

-      Pada penggunaan tiang kelompok atau grup, daya dukungnya sangat kuat

-      Harga relative murah bila dibandingkan dengan pondasi sumuran

Kami Light Group Indonesia melayani Penjualan dan Pemasangan Pondasi Minipile di wilayah Yogyakarta, ( meliputi Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo, Wonosari ), Solo, Jawa Tengah ( meliputi Banjarnegara, Purwokerto, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Purwodadi, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Mungkid, Pati, Kajen, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Ungaran, Sragen, Sukoharjo, Slawi, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal ).

 

Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi :
CV. LIGHT GROUP INDONESIA
Jl. KH. Muhdi Gg Komajaya 53, Dewan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta
Telp. / WA / SMS  : 088802725212 / 081804135008 / 081325157177

PIN. BBM 59B4D57E

Email : lightgroup.id@gmail.com